Aktualinvestigasi.com|Palu |Sebanyak 393 peserta seleksi Bintara dan Tamtama Polri mengikuti Sidang Akhir Kelulusan tingkat Panitia Daerah (Panda) Polda Sulteng berlangsung di Auditorium Universitas Tadulako Palu, Jumat (5/7/2024) malam. 


Kapolda Sulteng diwakili oleh Wakapolda, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko memimpin pelaksanaan sidang Akhir didampingi Karo SDM dan Dirsamapta Polda Sulteng.



Hadir dalam Sidang Akhir kelulusan,  sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Sulteng, pengawas internal dan eksternal, orang tua/wali peserta seleksi, serta para peserta seleksi itu sendiri. 


Suasana haru dan bahagia menyelimuti ruangan saat pengumuman kelulusan dibacakan oleh Karo SDM Kombes Pol. Heru Budi Prasetyo selaku Ketua Panitia Seleksi.


Sejumlah 172 peserta seleksi Bintara dan Tamtama Polri dinyatakan lulus terpilih melalui jalur seleksi yang diikuti sebagi berikut :


1. Lulus terpilih melalui jalur Polisi Tugas Umum 130 orang terdiri dari 119 pria dan 11 wanita.


2. Lulus terpilih melalui jalur Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) Hukum 1 orang pria.


3. Lulus terpilih Bakomsus Polisi Pariwisata 1 orang pria.


4. Lulus terpilih Bakomsus Kehumasan/TIK 2 orang pria.


5. Lulus terpilih Bakomsus Nakes 2 orang 1 pria dan 1 wanita.


6. Lulus terpilih Bintara Rekpro 8 orang, 5 pria dan 3 wanita.


7. Lulus terpilih Tamtama Polri 26 pria.


Dalam sambutannya, Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko mengatakan, bahwa tahapan seleksi yang telah dilalui oleh para peserta sebelum dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti pendidikan bertujuan untuk menghasilkan personel Polri yang sehat, cerdas dan berintegritas serta bermoral tinggi.


Wakapolda menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh peserta yang berhasil lulus seleksi. Ia berpesan agar tidak berpuas diri dan larut dalam kegembiraan. Namun, persiapkan diri baik jasmani maupun rohani untuk mengikuti pendidikan.


"Kepada para peserta yang lulus, saya ucapkan selamat. Ini merupakan awal perjalanan baru bagi kalian untuk menjadi anggota Polri yang profesional dan berintegritas. Tetap jaga semangat dan disiplin selama mengikuti pendidikan Polri," ujar Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko.


Ia juga menambahkan, kepada calon Bintara dan Tamtama Polri yang dinyatakan lulus tidak terpilih agar tidak kecewa dan berkecil hati karena ini bukan akhir dari segalanya, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi tahun berikutnya, tambahnya.


Para peserta yang lulus Bintara Polri akan mengikuti pendidikan dasar Polri di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sulteng, Sepolwan, sedangkan Tamtama Polri akan mengikuti pendidikan di Pusdik Sabhara Porong, Sidoarjo-Jawa Timur.


Kelulusan 172 putra putri Sulawesi Tengah terbaik ini merupakan hasil kerja keras dan ketekunan mereka dalam mengikuti proses seleksi. Diharapkan para peserta yang lulus dapat terus belajar dan berlatih dengan tekun agar dapat menjadi anggota Polri yang terbaik, pungkasnya|Red