AktualInvestigasi_TIGARAKSA, Atasi laju inflasi dengan mendorong peningkatan ekonomi para petani Pemerintah Desa (Pemdes) Tapos Kecamatan Tigaraksa membangun Kebun Edukasi diwilayahnya.

Dimulainya pembangunan Kebun Edukasi yang berlokasi di Kp Tapos Wetan Rt 016/006 Desa Tapos itu ditandai dengan peresmian dan peletakan batu pertama oleh Camat Tigaraksa Cucu Abdurrosyied disaksikan Kepala Desa (Kades) Tapos Khaerudin, dihadiri Ketua Kelompok Tani (Poktan) Smart Farm Ali Imron, Ketua BPD Sahrudin, Anggota Babinsa Bhabin, serta sejumlah perangkat desa setempat.



Kades Tapos Khaerudin saat menyampaikan prakatanya berterima kasih atas dukungan dari Camat Tigaraksa serta Poktan Smart Farm sehingga Kebun Edukasi yang dibangunnya sudah berhasil menanam sekitar 300 pohon jambu kristal, sayur mayur, termasuk juga kolam ikan lele sebagai bahan percontohan untuk para petani khususnya yang ada diwilayahnya.

"Perencanaan kebun edukasi ini sudah sejak lama kami buat dengan lahan sekitar 2000 M2 Insya Allah kebun edukasi ini akan bermanfaat untuk teknis pertanian yang baik dan menghasilkan guna mendorong perekonomian menekan laju inflasi," ujar Kades Khaerudin, Senin (12/08/2024).



Sementara Camat Tigaraksa Cucu Abdurrosyied dalam kata sambutannya mengapresiasi dibukanya Kebun Edukasi diwilayah Desa Tapos dan meminta agar dilanjutkan secara serius sehingga bisa menghasilkan meningkatkan perekonomian para petani diwilayah.

"Program Pemdes Tapos ini seiring dengan program pa Bupati Tangerang yaitu menekan laju inflasi, kami apresiasi dan menyambut baik dibukanya Kebun edukasi di desa Tapos semoga bisa berhasil guna terutama untuk para petani warga desa Tapos," ucap Camat Cucu.

Dan ini juga inisiasi yang luar biasa dan menjadi pemicu pemantik desa lain untuk sama - sama One Village One Product satu desa satu product
Desa tapos punya Kebun Jambu Kristal dan desa perkebunan rambutan tarakan, atau jambu mede atau lainya. Tutup Cucu Abdurrosied

Ali Imron Ketua Poktan Smart Farm Tapos dalam paparannya mengatakan sangat mendukung pembangunan Kebun Edukasi oleh Pemdes Tapos dan akan terus melakukan pendampingan secara teknis tata cara menanam yang baik sehingga dapat menghasilkan dalam rangka ketahanan pertanian masyarakat.

"Insya Allah kami secara intensif mendampingi para petani Kebun Edukasi di Desa Tapos karena bagian dari Poktan Smart Farm, makanya namanya juga Smart Farma 2. Semoga diberi oleh Allah SWT," kata Ali Imron. (Red)


Atr