AktualInvestigasi_Jakarta, Forum Komunikasi Induk Organisasi Olahraga (INORGA) Bersatu resmi menyepakati penyelenggaraan Musyawarah Nasional (MUNAS) KORMI Nasional pada 2-3 November 2024 di Jakarta. Kesepakatan ini tercapai dalam pertemuan yang digelar pada 6 Oktober 2024 di Jakarta.


Hayono Isman, Ketua Umum KORMI Nasional, telah mengakhiri masa baktinya pada 17 Januari 2024, namun hingga saat ini KORMI Nasional belum mengadakan MUNAS untuk memilih ketua umum baru. Berdasarkan AD/ART KORMI, masa jabatan Ketua Umum KORMI Nasional adalah 4 tahun dengan maksimal dua periode.


Melihat kondisi tersebut, Forum INORGA Bersatu sepakat membentuk kepanitiaan MUNAS yang terdiri dari unsur-unsur INORGA. MUNAS ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memilih kepemimpinan baru dan membawa perubahan positif bagi KORMI Nasional.


Kemalsyah Nasution, Ketua Umum Persatuan Binaraga dan Fisik Indonesia (PERBAFI), menyampaikan bahwa KORMI Nasional perlu dikelola secara profesional, transparan, dan akuntabel agar lebih bermanfaat bagi pembinaan olahraga, khususnya bagi INORGA.


Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh para Ketua Komisi, yang sepakat menunjuk Asdiar Bachtiar sebagai Ketua Panitia Pelaksana (OC), Gun Gunawan sebagai Ketua Panitia Pengarah (SC), dan Brata sebagai Ketua Tim Penjaringan.


Asdiar Bachtiar menegaskan pentingnya penyelenggaraan MUNAS secara cepat mengingat Forum Olahraga Nasional (FORNAS) VIII yang sudah semakin dekat. Ia juga menyebut bahwa KORMI Nasional dibentuk oleh INORGA, sehingga wajar jika Forum Komunikasi INORGA Bersatu memprakarsai MUNAS setelah penundaan yang terjadi.




Red _(atr)