NUSANTARAEXPRESS, DURI - Di tengah kesibukan para penyelenggara Pilkada Bengkalis 2020 di Gedung Bathin Betuah, beberapa perwakilan Aliansi Mahasiswa Duri, yang tergabung dalam Kader Muda Peduli Desa (KAMULIDA) melakukan pose "Stop Politik Uang" di depan Sekretariat PPK Mandau, dan Kantor Camat Mandau, Selasa (8/12).

Agenda pose ini sekaligus mengawali rangkaian kegiatan monitoring Pilkada, sebagai sumbangsih dan pengabdian mahasiswa Duri, untuk turut mensukseskan agenda besar Pilkada.

Menurut, Rifqi Mubarak (19), mahasiswa Tehnik Elektro, UIN Suska Riau, berharap kepada para pihak untuk memberi kebebasan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk menyuarakan suara rakyat.

"Di era keterbukaan informasi dan demokrasi ini, jangan ada lagi pihak yang mencoba melakukan sesuatu, yang menyangkut unsur-unsur money politic, mahasiswa berada di garda depan untuk melawan itu," tegasnya kepada nusantaraexpress.



"Kepada panitia pengawas, aparat sipil negara dan perangkat desa atau kelurahan, mewakili mahasiswa, kita menghimbau, untuk benar-benar independen, tak ada yang bertalian dengan salah satu paslon atau pihak tertentu," tambahnya.



Antusiasme mahasiswa yang tergabung dalam KAMULIDA, untuk turut memantau jalannya Pilkada Berintegritas, sesuai dengan tema nasional Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Apalagi pelaksanaan pilkada serentak ini, bersamaan dengan perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia atau HAKORDIA, 9 Desember 2020. (Rls)

NUSANTARAEXPRESS, PESSEL - Jelang pelaksanaan pilkada serentak pemilihan bupati dan wakik bupati kabupaten pesisir selatan Babinsa Koramil 07/Tarusan Kodim 0311/Pessel Serda Okta Idriadi hadiri pengukuhan Linmas Pengamanan TPS nagari Batu Hampar Selatan ( BHS) pada, Selasa (8/12/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Nagari Batu Hampar Selatan, Bhabinkamtibmas nagari Batu Hampar, serta seluruh anggota linmas nagari batu hampas Selatan.

Serda Okta Idriadi mengungkapkan, pengukuhan ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah buoati dan wakil bupati kabuoaten pesisir selatan yang akan dilaksanakan besok hari Rabu (9/12/2020).



[nextpage title="next"]

"Jadi linmas sebagai personil yang akan mengamankan secara langsung yang berdekatan dengan tempat pemungutan suara, harus peka terhadap perkembangan situasi baik itu menjelang, saat, maupun setelah dilaksanakan pemilijan," sebut Serda Okta.



Lebih lanjut, Serda Okta juga mengingatkan kepada anggota linmas agar tetap memberikan himbauan kepada masyarakat pemilih agar mempedomani protokol kesehatan saat pemilihan berlangsung.

"Karena dimasa pandemi covid-19 pelaksanaan pemilu kali ini harus dengan mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, cuci tangan, serta menjaga jarak," tambahnya. (Pendim 0311/Pessel)

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Para relawan gabungan di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, melakukan evakuasi material tanah longsor yang menutup badan jalan utama antar kedua desa tersebut. Selasa (8/12/2020).

Dijelaskan Danramil 12 Bantarkawung, Kodim 0713 Brebes, Kapten Infanteri Nurhadi, penyingkiran material longsor di Desa Banjarsari dilakukan dengan peralatan seadanya.

 



 

“Kami bersama anggota Polri, Perhutani, Satpol PP, dan Bagana, membantu seratus orang warga Desa Banjarsari dan Desa Cibentang, agar akses jalan dapat segera dilalui kendaraan bermotor.

Dijelaskannya lanjut, upaya bersama itu juga untuk membantu Pemda dalam mengatasi bencana alam di Kabupaten Brebes.

Sementara dikemukakan Kepala Desa Banjarsari, H. Armas S.Pd, kerja bakti yang dilangsungkan selama 2 jam yang dimulai pukul 08.00 WIB itu, berhasil menormalkan kembali lalu-lintas masyarakat. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, SURABAYA - Dalam pelaksanaan apel Gabungan bulan Desember 2020, Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat mengajak budaya hidup sehat dengan memberikan penghargaan berupa sepeda gunung kepada empat prajurit Pembimbing Siswa (Bingsis) teladan periode bulan Nopember 2020. Pemberian penghargaan tersebut bersamaan dengan Apel Gabungan olahraga prajurtit Antap dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dilaksanakan di lapangan laut Maluku kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Selasa, (8/12/2020).

Tampak hadir dalam acara tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Dankodikopsla,para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, Inspektur Kodiklatal, para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal.

Keempat prajurit Bingsis Teladan Kodiklatal yang mendapatkan penghargaan Komandan Kodiklatal tersebut adalah Serka Kom Sugiarto dari Pusdiklapa Kodikopsla, Sertu pom Yatirin dari Pusdikpomal Kodikdukum, Serda Marinir Syam Permadi dari Kodikmar dan Sertu Jas M. Muhajirin dari Puslatdiksarmil.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan ucapan selamat sekaligus apresiasi predikat bingsis teladan kepada para prajurit yang bertugas sebagai pembimbing dan pengasuh siswa Kodiklatal walau dalam keadaan wabah virus corona para bingsis masih terus menunjukan yang terbaik untuk siswa.

[nextpage title="next"]

Kepada para bingsis teladan Dankodiklatal berpesan agar melaksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, melaksanakan protokol kesehatan dan memahami petunjuk kerja dengan berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Tri Sila TNI AL dalam kedinasan dan kehidupan sehari-hari.

Disisi lain orang nomor satu Kodiklatal ini menyampaikan bahwa beberapa fasilitas olahraga di Kodiklatal telah bertambah, sehubungan dengan penambahan fasilitas tersebut agar parjurit antap dan siswa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menjaga kebugaran fisik dan menjaga kesehatan ditengah pandemi virus Covid 19.

Selain itu Dankodiklatal juga menyampaikan agar para prajurit melaksanakan kegiatan yang positif dan hati hati dalam pergaulan. Kepada para bingsis agar mentaati jam tidur malam siswa sesuai yang dijadwalkan pada peraturan dinas dalam TNI Angkatan laut. *

NUSANTARAEXPRESS, JUANDA SIDOARJO - Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai lembaga pendidikan terbesar TNI AL, kembali mendidik Pemuda pemudi terbaik Indonesia dalam program Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 2 Tahun Anggaran 2020. Pembukaan yang dilaksanakan di lapangan Samudera Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal yang berlokasi di Juanda Sidoarjo tersebut dipimpin langsung Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat, (8/12/2020)

Pendidikan dasar keprajuritan bagi prajurit strata Bintara yang sebelumnya berasal dari masyarakat sipil terbaik dari seluruh wilayah Indonesia setelah sebelumnya dinyatakan lolos dalam sidang Pantukhir di Malang.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutanya menyampaikan selaku Komandan kodiklatal, dirinya mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Pertama Bintara TNI Angkatan Laut angkatan ke-40 gelombang 2 Tahun Anggaran 2020.

Menurutnya adanya validasi organisasi dan pembentukan organisasi baru dilingkungan TNI AL berdampak kepada kegiatan penyediaan personel yang cukup besar. Tentunya penyediaan personel ini tidak hanya berkaitan dengan kuantitas tetapi juga kualitas, oleh sebab itu Kodiklatal memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencetak prajurit TNI AL yang unggul, maju, profesional dan modern serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai dengan postur seorang prajurit bintara TNI AL, sehingga memenuhi tuntutan kebutuhan operasional satuan pengguna baik di KRI dan batalyon maupun satuan pendirat lainnya.



[nextpage title="next"]

Sesuai kebijakan pimpinan, pendidikan bintara prajurit karier saat ini akan dilaksanakan selama 10 sampai dengan 12 bulan yang terbagi dalam tiga tahap. Tahap pertama, pendidikan dasar keprajuritan selama 3 bulan, tahap kedua pendidikan dasar golongan selama 2 bulan. Semuanya dilaksanakan di Puslatdiksarmil. Sedangkan tahap ketiga pendidikan dasar golongan lanjutan dilaksanakan dipusdik-pusdik terkait, yaitu kejuruan non marinir 5 bulan dan kejuruan marinir selama 7 bulan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pendidikan tahap dasar keprajuritan ini, sangat membutuhkan fisik dan mental yang prima. Tetapi dirinya percaya dengan syarat kelulusan pada tahap seleksi para siswa dapat mengikuti penggemblengan di kawah candradimuka Puslatdiksarmil dengan baik dan akan menjadi prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas serta mempunyai kultur keangkatan lautan yang ditampilkan dalam wujud naluri tempur, keteladanan, kualitas mental dan integritas pribadi yang dilandasi oleh nilai-nilai kejuangan yang tinggi

Hadir dalam pembukaan pendidikan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur Kodiklatal, Komandan Kodikopsla, Inspektur Kodiklatal, Wadan Puspenerbal, serta para Komandan Kodik, Komandan Puslat dan Komandan Pusdik jajaran Kodiklatal. *

NUSANTARAEXPRESS, BREBES - Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Koramil 11 Paguyangan Kodim 0713 Brebes, kembali terjun ke lokasi bencana alam di wilayahnya, yakni Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, untuk memberikan bantuan sosial. Selasa (8/12/2020).

Tampak Sertu Sugeng Widodo, Pamong SWK, memimpin anak didiknya untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Dukuh Menteng RT. 13 RW. 01 Desa Ragatunjung, Paguyangan.

“Bantuan sosial berupa mie instan sebanyak 15 dus yang diperuntukkan bagi warga setempat yang terkena musibah bencana tanah longsor,” ungkapnya.



Sugeng berharap bahwa bantuan dapat sekedar meringankan keempat keluarga yang terdampak langsung longsor tebing setinggi 30 meter yang terjadi pada 2 Desember 2020 pukul 16.00 WIB lalu, dimana dikarenakan hujan yang terus-menerus.



[nextpage title="ext"]

“Tidak ada korban jiwa dari musibah itu. Sampai saat ini hanya Ibu Muplikha (40) saja yang masih menumpang di rumah saudaranya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ragatunjung, Masduki SE, menyatakan terima kasih atas kepedulian para pelajar.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian anggota pramuka kepada warga kami, dan kami tidak melihat nilainya namun dan perhatian itu,” ungkapnya.



Selain itu Masduki juga menyatakan terima kasih kepada para relawan yang terdiri dari puluhan anggota Uar Al Fatah Kecamatan Sirampog, TNI, dan warga setempat, dimana hari ini masih melakukan kegiatan kerja bakti meratakan tanah yang menumpuk di samping rumah, membersihkan sisa-sisa rumpun bambu, dan mengamankan batu bata yang masih dapat digunakan untuk perbaikan rumah nantinya. (Aan)

NUSANTARAEXPRESS, KARO, SUMUT - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan isi hunian tetap (huntap) kepada 892 KK korban bencana erupsi Gunung Sinabung yang telah menempati Hunian Tetap (Huntap) Siosar tahap ketiga di Siosar, Karo, Sumatera Utara pada hari Selasa 8/12/2020.

Bantuan stimulus pemulihan sosial relokasi tahap III senilai 2.676 milyar rupiah itu diterima secara simbolis oleh lima perwakilan warga huntap Siosar.

Staf Ahli Menteri Sosial Bidang Aksesibilitas Sosial, Sonny W. Manalu, sebagai representatif dari Kemensos mengatakan Kemensos diberi kewenangan dan tanggungjawab oleh Presiden untuk mengisi huntap Siosar yang telah dibangun.

"Tentu kalo ada bangunan, ada isinya. Nah, Kemensos sudah punya standar yang layak untuk isian huntap, untuk itu kita berikan bantuan ini," ujar Sonny usai menyerahkan bantuan simbolis kepada lima warga penerima di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara.



Menurutnya, bantuan isi huntap relokasi tahap III itu menjadi tahap terakhir yang Kemensos berikan kepada warga huntap Siosar. Selanjutnya, ia berharap ada kemandirian dari masyarakat setempat.

"Untuk saat ini, bantuan isi huntap dari Kemensos itu merupakan tahap terakhir. 'Kan mereka sudah bisa tinggal di rumah, dan mereka bisa berusaha (menjalankan usaha) kembali," tambahnya.

Dalam upaya perlindungan sosial bagi korban bencana erupsi Gunung Sinabung di Karo, Kemensos telah melakukan beberapa langkah penanganan darurat dan penyaluran bantuan pemulihan sosial sejak tahun 2014 hingga saat ini.

[nextpage title="next"]

Pada 2014, Kemensos telah menyalurkan bantuan jaminan hidup (jadup) dan santunan ahli waris kepada 17 jiwa dengan nilai 6,1 miliar rupiah. Selanjutnya, pada 2015, bantuan logistik, jadup dan isi huntap kepada 384 KK dengan nilai 5,9 miliar rupiah telah disalurkan.



Kemudian, pada tahun 2016, Kemensos juga telah menyalurkan santunan kepada 11 ahli waris korban meninggal erupsi dan bantuan logistik senilai 987 juta rupiah. Adapun pada 2017, penyaluran bantuan jadup dan isi hunian tetap kepada 184 KK senilai 3,2 miliar rupiah telah dilakukan.

Lebih lanjut, pada 2018, bantuan jadup dan isi hunian tetap sejumlah 9,6 miliar rupiah telah disalurkan kepada 455 KK. Sementara pada 2019, bantuan jadup dan isi hunian tetap kepada 1.014 KK yang berasal dari Desa Berastepu, Desa Gamber, Desa Guru Kinayan dan Desa Kuta Tonggal berjmlah 4,8 miliar telah disalurkan.

Sehingga total bantuan yang disalurkan Kemensos dari tahun 2014 sampai dengan saat ini adalah mencapai 93,9 miliar rupiah.

Bantuan BBR untuk Korban Kebakaran Brastagi

Selain menyerahkan bantuan isi huntap untuk korban erupsi Gunung Sinabung, Kemensos juga menyerahkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) atas peristiwa kebakaran pasar Brastagi yang terjadi pada pertengahan Bulan November kemarin.

"Kami turut prihatin atas terjadinya kebakaran hebat yang melahap rstusan kios di pasar Brastagi bulan lalu," kata Sonny.

[nextpage title="next"]

Bantuan pemulihan sosial yang disalurkan Kemensos berupa isi huntap dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) untuk 8 KK/unit rumah korban bencana kebakaran senilai Rp264.000.000. Bantuan itu diserahkan simbolis kepada tiga korban yang unit rumahnya hangus terbakar.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, mengungkapkan rasa terima kasih atas langkah cepat jajaran Kemensos dalam merespon permohonan yang sempat dilayangkannya beberapa waktu lalu.

"Terima kasih karena Kemensos telah berkomitmen merelisasikan bantuan yang dibutuhkan para korban erupsi Sinabung (isi huntap) dan kebakaran Brastagi (stimulan UEP) dengan cepat, termasuk paket sembako yang diterima warga. Ini tanda mata, bentuk kepedulian Kemensos kepada warga Tanah Karo," ungkap Bupati.

Kebakaran yang melanda Pasar Berastagi, pasar tradisional pusat buah dan sayur di Kota Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Selasa (17/11) dini hari itu melahap sedikitnya 500 kios pasar. Tercatat tidak ada korban jiwa, namun kerugian dari peristiwa itu ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Di samping bantuan isi huntap dan UEP, bantuan sembako juga diberikan kepada korban erupsi Gunung Sinabung relokasi tahap III dan kebakaran pasar Brastagi sebanyak 1.500 paket senilai Rp300.000.000,-. Sehingga total bantuan yang disalurkan Kemensos pada hari ini mencapai Rp3.240.000.000,-. **

NUSANTARAEXPRESS, MANOKWARI - Serah terima jabatan Kasdam ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembinaan personel dan regenerasi, khususnya bagi Perwira Tinggi dalam organisasi TNI maupun TNI AD.

“Sertijab Kasdam ini juga merupakan bagian dari rangkaian proses tradisi yang dilaksanakan di Kodam XVIII/Kasuari,” ucap Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han).

Hal ini disampaikan saat memimpin acara Tradisi dan Laporan Korps Sertijab Kasdam XVIII/Kasuari, dari Brigjen TNI Ferry Zein kepada Brigjen TNI Djoko Andoko, Senin (7/12/2020) di aula Makodam XVIII/Kasuari, Trikora Arfai 1, Manokwari, Papua Barat.

Kepada pejabat baru Kasdam XVIII/Kasuari, Pangdam berharap amanah, kepercayaan, kehormatan dan tanggung jawab yang diberikan oleh Pimpinan TNI senantiasa diterima dengan rasa syukur yang disertai dengan suatu tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab jabatan dengan sebaik-baiknya.

"Saya yakin, dengan berbekal kemampuan dan pengalaman yang dimiliki dalam berbagai tugas dan jabatan sebelumnya, dimana jabatan terakhir sebagai Dirdik Akademi TNI, maka jabatan Kasdam XVIII/Kasuari yang diemban saat ini oleh Brigjen TNI Djoko Andoko akan dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Mayjen I Nyoman Cantiasa.




[nextpage title="next"]

"Saya berharap hal-hal positif yang telah diberikan kepada satuan Kodam XVIII/Kasuari dapat dilanjutkan oleh pejabat baru dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, jabatan Kasdam XVIII/Kasuari memiliki peran strategis untuk peningkatan kemajuan organisasi Kodam XVIII/Kasuari, karena keberadaannya sebagai sentral dan motor penggerak organisasi untuk mendukung kegiatan di semua lini atau tingkatan, terutama dalam hal peningkatan kualitas pembinaan secara internal.


Jabatan Kasdam, menurutnya juga diharapkan dapat membangun dan menjaga sinergitas antar staf dalam mewujudkan transparansi serta akuntabilitas kinerja di lingkungan unit organisasi Kodam XVIII/Kasuari untuk tetap tegaknya tertib administrasi, guna memacu pencapaian hasil yang optimal dalam menjalankan organisasi Kodam XVIII/Kasuari, sekaligus mampu mengevaluasi pelaksanaan program dan anggaran Kodam XVIII/Kasuari.

“Tugas terberat kita di bidang pelaksanaan program dan anggaran saat ini adalah mempertahankan penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Tim Pemeriksa eksternal yang dilakukan oleh BPK RI, yang telah kita raih beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pencapaian Program Kerja dan Anggaran TNI AD sesuai kebijakan pemerintah guna mewujudkan Good Governance and Clean Government,” kata Pangdam Mayjen I Nyoman Cantiasa.



Dalam rangkaian Sertijab Kasdam XVIII/Kasuari ini juga dilaksanakan Sertijab Wakil Ketua Persit KCK Daerah XVIII/Kasuari dan Wakil Ketua Yayasan Kartika Jaya Cabang XXII/Kasuari, dari Ny. Silvi Ferry Zein kepada Ny. Ariestika Djoko Andoko.

Acara Tradisi dan Serah terima jabatan Kasdam XVIII/Kasuari diawali dengan Pemberian Mahkota dan Pengalungan bunga oleh pejabat Kasdam XVIII/Kasuari lama, Brigjen TNI Ferry Zein, dilanjutkan dengan rangkaian tradisi diantaranya adalah penciuman Pataka Kodam XVIII/Ksr, "Patriot Pembela Rakyat". Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian ungkapan kesetiaan dan pengisian buku Korps raport dan pernyataan penerimaan oleh Pangdam XVIII/Kasuari, sebelum melaksanakan Sertijab di Aula Makodam XVIII/Ksr.



Selanjutnya dalam momen yang mengharukan ini, Mantan Kasdam XVIII/Ksr, Brigjen TNI Ferry Zein akan melaksanakan alih tugas di tempat yang baru sekaligus mendapat promosi jabatan bintang dua dengan pangkat Mayor Jenderal TNI sebagai Komandan Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Dansecapaad) yang bertempat di Bandung, Jawa Barat. (Pendam XVIII/Ksr)

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu monitoring kelengkapan logistik Pilkada serentak tahun 2020 di seluruh kecamatan se-kabupaten labuhanbatu.

Terpantau beberapa OPD seperti Diskominfo dan Litbang Labuhanbatu melakukan monitoring tersebut di kantor camat kecamatan Bilahilir Senin (7/12/2020).

Kadis Kominfo Labuhanbatu Rajid Yuliawan S.Kom melalui Kabid informasi pelayanan publik Zainul Arifin Nasution S.Pd mewakili tim menyebutkan hari secara bersamaan seluruh OPD yang diikuti eselon 2 dan 3 melakukan monitoring kelengkapan logistik Pilkada serentak disetiap kecamatan yang ada di labuhanbatu.



Kita melakukan pengecekan terhadap kotak suara, kertas suara, bilik suara hingga APD yang akan disalurkan ke setiap desa untuk memastikan terpenuhi atau tidak kelengkapannya.

Diucapkan Zainul, meskipun di masa musim hujan banjir namun logistik dinyatakan aman dan terpenuhi untuk masing-masing desa.ujar Zainul.

Adapun tim yang melakukan monitoring dan pelepasan keberangkatan Logistik di kecamatan Bilahilir terdiri dari Kabid informasi pelayanan publik diskominfo Labuhanbatu Zainul Arifin Nasution.S.Pd, Kabid E-Gove Awaludin, Kabid ITE Padli Rangkuti dan dipimpin oleh Kabanlitbang Juhri. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT laksanakan shalat subuh berjamaah bersama ratusan masyarakat kelurahan Aek Paing di Masjid Nasuha dusun Aek Paing atas Kecamatan Rantau Utara Selasa (8/12/2020).

Dikesempatan itu H.Andi mengajak kepada seluruh Jama'ah untuk mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita, baik nikmat kesempatan hingga kesehatan hingga kita masih bisa bertemu dalam nikmatnya cuaca dingin saat subuh.

Nikmat tersendiri bagi saya pribadi bisa bersama dengan masyarakat saya melakukan ibadah yang sering kita anggap berat untuk menjalankannya, karena disaat subuh seperti ini masih lelapnya kita tertidur harus bergegas mandi dan shalat berjamaah ke masjid.

Namun itulah yang menjadi ukuran iman kita sebagai umat muslim, seperti sabda Rasullullah, " Apabila ingin melihat banyaknya umat Islam lihatlah saat shalat Idul Fitri dan Idul Adha, namun jika ingin melihat banyaknya orang yang beriman maka lihatlah ketika shalat subuh di masjid",semoga apa yang kita lakukan hari ini mendapat imbalan dari Allah di akhirat kelak. ucap Bupati.

[nextpage title="next"]

Dipenghujung waktu, Bersama puluhan ustadz dan ratusan jamaah Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT mendengarkan tausyiah dari Ustadz Saddam Sinaga terkait manfaat shalat subuh berjamaah.

Menurut ustadz Saddam, Shalat subuh merupakan salat yang istimewa dari salat-salat lainnya. Selain ada banyak sekali keutamaan dalam pelaksanaannya, untuk menunaikan salat ini kita harus melawan rasa kantuk yang luar biasa serta bangkit untuk meninggalkan kasur yang empuk dan selimut yang hangat.

Di dalam adzan subuh juga ditambahkan kalimat Assholaatu khairum minan naum yang artinya “Shalat itu lebih baik daripada tidur”.

Adapun keistimewaan shalat subuh berjamaah dijelaskan sang ustadz

1.kita mendapatkan Pahala Lebih Besar

Setiap umat muslim pasti sudah tau bahwa pahala yang dijanjikan oleh Allah apabila kita melaksanakan salat berjamaah di masjid, tentunya jauh lebih besar dibandingkan dengan melaksanakan salat subuh di rumah. Allah akan memberikan 27 kali lipat pahala kepada hamba–hambanya.

2. Mendapatkan Keberkahan dari Allah SWT

Melaksanakan ibadah salat subuh berjamaah mempunyai peluang besar untuk memperoleh berkah dari Allah SWT. Dikarenakan semua aktivitas yang dilakukan pada saat pagi hari, khususnya aktivitas wajib seperti halnya salat subuh berjamaah telah didoakan Rasulullah SAW untuk semua umatnya yang beriman dan bertakwa agar memperoleh berkah.

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

3. Berada Pada Jaminan Allah SWT

Orang yang menjalankan salat subuh secara sempurna, seperti yang dianjurkan yakni dengan menjalankannya secara berjamaah, maka ia akan mendapatkan jaminan dan juga perlindungan lebih dari Allah SWT.

Dalam haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Barang siapa yang melaksanakan salat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim).jelas Ustadz Saddam. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT didampingi oleh ketua MUI Labuhanbatu Buya Husein Darwis Lubis LC, dan Ketua DMI Labuhanbatu Ustadz Rendi fitrayana LC menyerahkan beasiswa SI ke universitas Al-Azhar Mesir kepada tiga orang putra dan putri terbaik Labuhanbatu di rumah dinas wakil Bupati Labuhanbatu jalan Pramuka Kecamatan Rantau Utara Senin (7/12/2020).

Tiga putra dan putri terbaik tersebut adalah Ahmad Alwi Dalimunthe alumni Ponpes Mawariddusalam Deliserdang warga Padang pasir kecamatan rantau selatan, Fadlan Harmen Harahap alumni Ponpes Raudatul Hasanah Medan warga jln HM.Said Perdamaian kecamatan rantau selatan dan Nurul Syarifah Alumni Ponpes Raudatul Hasanah Medan Warga Dusun IV Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu.

Bupati Labuhanbatu Berharap kepada para calon mahasiswa tersebut kembali ke labuhanbatu setelah menyelesaikan studinya di Mesir.

"Kita telah mengikat seluruh mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa ke Al-Azhar agar tetap kembali ke Labuhanbatu untuk mengabdi kepada Labuhanbatu".



[nextpage title="next"]

Saya ingin apa yang telah mereka dapatkan di sana disampaikan kepada putra-putri labuhanbatu yang disini.saya ingin mereka menjadi pejuang-pejuang da'wah untuk melahirkan generasi muda penerus bangsa yang religi di labuhanbatu.ucap H.Andi.

Dikatakan Bupati, Mengikat mereka bukan berarti kita biarkan begitu saja dilabuhanbatu ini, pemerintah kabupaten telah memikirkan wadah untuk menampung mereka kelak guna menyalurkan ilmu yang dimiliki yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan untuk mereka.



Pemerintah kabupaten labuhanbatu akan terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk kabupaten labuhanbatu, terutama di dunia pendidikan, seperti rencana pembangunan Universitas Islam Negeri di eks Islamic Center yang nantinya akan menampung para mahasiswa yang hari ini menempuh pendidikan di Kairo Mesir.ujar Bupati Labuhanbatu.

Disamping itu mewakili kedua temanya calon mahasiswa asal Ponpes Raudatul Hasanah Fadlan Harmen Harahap mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan dirinya kesempatan menempah pendidikan di Kairo Mesir.

"Semoga apa yang kami terima hari ini bisa bermanfaat bagi diri kami sendiri dan masyarakat labuhanbatu kedepan dan menjadi ladang pahala kebaikan bagi Pemkab Labuhanbatu terhusus bapak Bupati". Ucap Fadlan. [Rahmad]

NUSANTARAEXPRESS, PEMALANG - Menteri Kelautan dan Perikanan ad Interim, Syahrul Yasin Limpo, menyebut budidaya lele dengan sistem bioflok sebagai program nyata KKP untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Hari ini saya melihat pengembangan lele yang cukup bagus. Ini harus menjadi contoh bagaimana masyarakat bisa melakukan akselerasi ekonomi di tengah kondisi pandemi ini," kata Menteri Syahrul saat mengunjungi tambak bioflok milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) lele "Mutiara" di Desa Kaligelang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Senin (07/12).

Pokdakan Mutiara memiliki 32 kolam lele bioflok di atas lahan seluas lebih kurang 1.000 meter persegi. Setiap kolam bioflok berdiameter 3 meter itu masing-masing diisi 3.000 benih ikan lele.



Selain meninjau kolam lele bioflok, Menteri Syahrul juga memberikan bantuan perikanan budidaya senilai Rp2,3 miliar berupa: 9 paket bioflok dengan nilai Rp1,5 miliar; 2 paket rehabilitasi saluran tambak udang padat karya senilai Rp700 juta; 4,8 ton pakan ikan mandiri senilai Rp28,8 juta; dan 183 ribu ekor benih ikan bandeng dengan nilai Rp12,1 juta, serta 100 ribu ekor benih lele senilai Rp10,2 juta.

Menteri Syahrul menjelaskan, ia bersama Dirjen Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto datang ke Pemalang, Jawa Tengah, untuk memastikan seluruh program yang telah digulirkan dan sedang diimplementasikan berjalan sesuai rencana.

"Kita tahu Desember ini adalah akhir tahun anggaran 2020. Oleh karena itu, bagaimana kita memastikan semua aktivitas yang menyentuh rakyat bisa dilakukan," ujarnya. "Saya kira akselerasi ekonomi ini harus dilakukan di semua daerah," tegasnya.



Program budidaya lele dengan sistem bioflok, menurut Menteri Syahrul, sejalan dengan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo agar pemerintah terus berkontribusi untuk hadirnya kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat, khususya di tengah kondisi pandemi ini.

Ia menilai budidaya lele bioflok efisien dari segi lahan sekaligus menguntungkan secara ekonomi. "Saya pastikan bahwa semua aktivitas di Kementerian Kelautan dan Perikanan berjalan dengan baik dan saya melihat sendiri di lapangan, kita semua telah bekerja maksimal untuk kepentingan negara dan bangsa," tutupnya.

Sementara itu Dirjen Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto menambahkan, pihaknya terus akan melakukan terobosan program termasuk meningkatkan jumlah bantuan untuk masyarakat pembudidaya ikan.

"Harapan kita, ini bisa di scale up, bisa diperbanyak oleh masyarakat-masyarakat yang lain. Untuk di 2021 nanti, kita juga identifikasi untuk calon penerima dan calon lokasi (penerima bantuan)," jelasnya. **

Dampak Pandemi Pada Ekonomi Kerakyatan


NUSANTARAEXPRESS, MANDAU - Dampak ekonomi kerakyatan atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada masa pandemi covid-19 sangat negatif, dan bahkan kegiatan usaha masyarakat yang selama ini tidak berpengaruh kepada situasi dan kondisi apapaun, masa pandemi banyak kegiatan yang berakhir dengan memprihatinkan dan bahkan tutup usaha karena tidak ada lagi biaya.

Ekonomi rakyat sebagai pondasi paling bawah dan merupakan suatu kegiatan ekonomi atau usaha dengan secara swadaya sangat tergoncang dengan adanya pandemi covid-19. Dan untuk memulihkan itu semua, segala kebijakan dan bantuan pun dilakukan oleh pemerintah, setidaknya untuk memberikan support agar tidak terhenti kegiatan atau macetnya usaha yang sedang berjalan.

Menurut Ekonom UGM, Dr. Revrisond Baswir, MBA, di samping memikirkan kebijakan untuk memulihkan perekonomian seperti sebelum terjadinya pandemi, perlu dilakukan refleksi terhadap kebijakan perekonomian nasional dan mengoreksi kelemahan-kelemahan sistemik.

Momen pandemi harus dijadikan trigger untuk mengoreksi perekonomian nasional kembali ke amanat Undang-Undang Dasar ucapnya dalam Seminar Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM bertajuk “Tantangan Demokrasi Ekonomi di Era Pandemi” yang digelar secara daring, Rabu 17 Juni 2020 dilaman resmi ugm.ac.id.

[nextpage title="next"]

Sesuai dengan data yang disebutkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pada acara Webinar Rakyat Merdeka Insight: Menggerakkan Ekonomi Rakyat Pasca-Covid19, dari Jakarta, Rabu 17 November 2020 di laman resmi kominfo.go.id.

Total Realisasi penyaluran KUR dari Agustus 2015 s.d. 30 April 2020 sebesar Rp534,07 triliun dengan outstanding sebesar Rp172,5 triliun, jumlah debitur sebanyak 20,3 juta orang, dan Non Performing Loan (NPL) rendah sebesar 1,24 persen.

Sedangkan penyaluran KUR tahun 2020 sampai dengan 30 April 2020 sudah mencapai Rp61,09 triliun atau 32,15% dari target tahun 2020 sebesar Rp190 triliun, dengan outstanding sebesar Rp57,7 triliun, dan jumlah debitur sebanyak 1,7 juta orang.

Ini membuktikan keseriusan pemerintah untuk membantu usaha-usaha kecil di masa pandemi covid-19 sesuai dengan data per 30 April 2020.

Pelaku usaha pada masa pandemi covid-19 merupakan tantangan tersendiri agar tetap bisa bertahan. Bahkan ini bukan hanya sebagai tantangan, namun sebagai peluang bagi pelaku ekonomi kerakyatan dengan melakukan inovasi-inovasi terbaru agar produk produk yang dihasilkan dapat lebih bersaing.

Seperti kajian dari Institutes for Development of Economics an Finance (INDEF) melalui teleconverence membahas masalah penanganan pandemi covid-19 dan dampak ekonomi menyebutkan bahwa pandemi akan semakin mempengaruhi perekonomian di Indonesia secara umum. Pada awalnya hanya mengikis sisi eksternal, seiring meningkatnya penyebaran COVID-19 juga berimbas pada tatanan perekonomian secara internal.

Hal ini akan membuat tukar nilai rupiah terus melemah dan sangat berpengaruh kepada permintaan (demand), penawaran (supply) dan produksi dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) atau Ekonomi Kerakyatan.

 


















Ditulis Oleh:Siti Aminah, S.Pd
Guru Bidang Studi

Mengajar di
:

:
EKONOMI

SMA Negeri 7 Mandau, Kls XII
Judul   :DAMPAK PANDEMI PADA EKONOMI KERAKYATAN

Konsep Dasar Pengembangan Diri


NUSANTARAEXPRESS, MANDAU - Menurut kodratnya, manusia diciptakan di bumi ini adalah sebagai pemimpin. Manusia sebagai wadah interaksi sosial antar sesama. Dan lebih dalam lagi, manusia sudah dibekali dengan komputer handal yang disebut Otak.

Dengan konsep yang mendasar, manusia membutuhkan otak segala aktivitas yang akan dilakukan. Percaya atau tidak percaya otak adalah sebuah storage atau gudang media penyimpanan dengan ribuan data bahkan jutaan dan triliunan yang bisa diakses oleh manusia itu sendiri dari segala aspek dan segala komponen.

Sebelum masuk dalam pembahasan yang lebih mendalam, penulis akan menjabarkan apa itu pengembangan diri.

Menurut para ahli secara umum, Pengembangan Diri adalah suatu ilmu yang berkaitan dengan penggalian potensi pada diri agar dapat menggali segala potensi secara maksimal.

Menurut Abraham Maslow seorang psikolog yang berasal dari Amerika lahir 1 April 1908 – meninggal 8 Juni 1970 pada umur 62 tahun sebagai teoretikus yang banyak memberi inspirasi dalam teori kepribadian. Dan ia menjadi seorang pelopor aliran psikologi humanistik. Pengembangan diri menurutnya adalah upaya yang dilakukan individu untuk memenuhi segala kebutuhannya terhadap aktualisasi.

Sedangkan menurut Erik Erikson lahir di Frankurt Jerman pada tanggal 15 Juni 1902 yang pakar dalam kesenian. Menurutnya pengembangan diri adalah usaha yang dilakukan manusia dalam menghadapi rintangan emosional di dalam kehidupannya.

Atas dasar defenisi dari kedua pakar tersebut, penulis dapat menjabarkan dan melakukan pengembangan secara keilmuan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan konsep dasar pengembangan diri.

[nextpage title="next"]

  1. Prinsip Berpikir


Prinsip berpikir yang akan penulis jabarkan adalah sebuah konsep cara berpikir positif. Bagaimana prinsip berpikir adalah proses secara positif  yang akan menghasilkan kekuatan positif pula yang akan menghasilkan pemikiran dan sikap serta perilaku yang baik serta dapat membuat individu secara emosional lebih bersemangat untuk melakukan sesuatu hal yang benar menurut aturan dan akan menghasilkan bahagiaan.

  1. Penalaran


Penalaran yang penulis maksud disini adalah bagaimana cara memahami sebuah kalimat dan bahasa serta pengembangannya. Agar kita terbebas dari hal-hal yang mendasar dan agar supaya terhindar dari gagal paham.

Penalaran dapat dikembangkan. Dan ini akan menjadikan modal awal untuk pengembangan sebuah konsep selanjutnya, yaitu Keterampilan.

  1. Keterampilan


Menurut Wikipedia, Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan tindakan dengan hasil yang ditentukan sering kali dalam jumlah waktu, energi, atau keduanya. Keterampilan sering dapat dibagi menjadi domain - Jenderal dan domain-spesifik keterampilan. Misalnya, dalam domain pekerjaan, beberapa keterampilan umum akan mencakup manajemen waktu, kerja tim dan kepemimpinan, motivasi diri, dan lain-lain, sedangkan keterampilan khusus domain hanya akan digunakan untuk pekerjaan tertentu. Keterampilan biasanya membutuhkan rangsangan dan situasi lingkungan tertentu untuk menilai tingkat keterampilan yang ditunjukkan dan digunakan.

Manusia secara umum sangat membutuhkan keterampilan agar bisa memberikan kontribusi kepada kehidupan sosial lainnya.

  1. Pengembangan Diri


Pengembangan diri atau inovasi dan inovatif adalah dua sisi yang selalu bergandengan. Hal ini merupakan sebuah penggabungan dari tatanan Prinsip Berpikir, Penalaran dan Keterampilan. Ketiga poin diatas harus selaras dan sangat memberikan kontribusi yang signifikan.

Untuk melakukan konsep kerangka pengembangan diri harus menjadi pribadi yang handal dalam cara berpikir. Hal ini bisa disebut gagal paham jika pola dasar dari berpikir itu sendiri tidak dikuasai.

 


















Ditulis Oleh:Yelianis, S.Pd
Guru Bidang Studi

Mengajar di
:

:
Bahasa Indonesia

SMK Negeri I Mandau, Kls X, XI
Judul:Konsep Dasar Pengembangan Diri

 

NUSANTARAEXPRESS, DUMAI - Pada hari Rabu, 2 Desember 2020 PT Pelindo 1 (Persero) Cabang Dumai Mengadakan acara Customer Gathering dalam memperingati Hari Ulang Tahun PT Pelindo 1 (Persero) yang ke 28 Tahun dengan tema One Spirit, One Energy, One Goal.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Pelindo 1 (Persero) Cabang Dumai turut mengundang Kepala KSOP Kelas 1 Dumai, Pengurus Asosiasi Kepelabuhanan, serta Para Pengguna Jasa di Lingkungan Pelindo 1 Cabang Dumai yaitu Agen Pelayaran, Bongkar Muat PBM, Shippper, dan Perusahaan yang bergerak dibidang Petikemas.

Adapun kegiatan Customer Gathering bersama seluruh pengguna jasa dilaksanakan dengan suasana kekeluargaan dan tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, wajib menggunakan masker, dan jarak pada kursi tamu. Berasama dengan agenda prestasi dan Top 5 Customer 2020, kegiatan gathering HUT PT Pelindo 1 (Persero) ini juga diwarnai dengan keseruan kegiatan quiz pada masing masing kategori pengguna jasa dan kalangan pengguna jasa.

Dalam kata sambutan General Manager PT Pelindo 1 Cabang Dumai Jonedi Ramli menyampaikan;

“Harapan Kita bersama agar moment dapat meningkatkan hubungan baik dan sinergi kerja sama antara PT Pelindo 1 Cabang Dumai dengan Pengguna Jasa”.



PLT Kepala KSOP Kelas 1 Dumai Ibu Emi Mulyani dalam sambutan nya turut menyampaikan Selamat kepada PT Pelindo 1 (Persero) dan Semoga kedepan nya Pelayanan kepada Pengguna Jasa dapat ditingkat kan lebih baik lagi kedepannya tutur GM PT Pelindo 1 Cabang Dumai dengan nada gontai.

Acara ini ditutup dengan pemotongan tumpeng bersama dan penyerahan hadiah kepada pemenang quiz dan tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap agenda acara. Farid Chairmawan sebagai Ketua Panitia menyampaikan “Kami mengharapkan kegiatan gathering ini dapat meningkatkan tali silaturahmi dan Kerjasama yg erat dengan para pengguna jasa” Tutup nya Farit. Rilis PT Pelindo 1 Cabang Dumai. (Rudi)
Diberdayakan oleh Blogger.